23 August 2015

Cara Membersihkan Jaket Kulit


Cara Membersihkan Jaket Kulit - Ada sebagian orang yang mencuci jaket kulitnya dengan cara seperti mencuci baju biasa, hal ini tidak dianjurkan karena akan menghilangkan warna dari kulit dan terlihat kusam, cara ini juga menyebabkan ukuran jaket akan mengecil, oleh sebab itu cara ini tidak dianjurkan. 

Berikut cara membersihkan jaket kulit dengan mudah, yang akan dibagi dalam dua jenis yaitu membersihkan bagian luar jaket dan bagian dalam jaket kulit.

1. Cara Membersihkan Bagian Luar Jaket Kulit

Jika jaket kulit anda terkena noda ringan bukan terkena noda yang berat seperti tanah, minyak, dan noda lain yang termasuk kategori berat, mungkin anda cukup membersihkannya sekali dalam setahun. Jika jaket kulit anda bukan yang berbahan suede atau nobuk, anda bisa membersihkannya dengan air. 

Caranya sediakan seember air hangat yang sudah dicampur sedikit pembersih. Celupkan spon atau kain lembut kedalamnya, dan dengan lembut usapkan ke bagian yang terkena noda dengan usapan satu arah. Jangan menggosok secara kasar. 

Setelah itu bilas spon atau kain dengan air biasa kemudian peras, dan usapkan ke jaket untuk menghilangkan bekas sabun. Ambil lap yang kering dan bersih untuk mengeringkan jaket dari air lalu gantung jaket kulit anda ditempat yang terhindar dari sinar matahari dan sirkulasi udara yang bebas. 

Setelah kering oleskan konditioner supaya tekstur jaket kulit anda tetap lembut dan fleksibel.

2. Cara Membersihkan Bagian Dalam Jaket Kulit

Bagian dalam jaket kulit sering terkena noda tinta, bau rokok, bau keringat, dll cara mengatasinya adalah letakkan jaket pada tempat yang datar kemudian sedot dengan menggunakan vakum bagian kantong kemudian vakum juga furingnya dengan cara membalik jaket kulit sehingga bagian furing berada diluar. 

Jika dirasa cukup, semprot furing dengan semacam cairan pewangi atau pelembut setrika kemudian digantung hingga kering. Jika noda di bagian dalam jaket kulit termasuk berat lakukan seperti pada langkah no.1 (tambahkan detergent dengan baking soda atau cuka jika noda sulit hilang) pastikan air sabun tidak merembes ke kulit bagian dalam.

Jika dirasa cukup, semprot furing dengan semacam cairan pewangi atau pelembut setrika kemudian digantung hingga kering. Demikian cara membersihkan jaket kulit dan anda tidak perlu lagi repot-repot membawanya ke laundry atau jasa perawatan jaket kulit lagi. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah mampir :)

2 comments: